Modul 2 Penentu Akes

TUGAS MODUL 2
PENENTU AKSES : PIVATE DAN PUBLIC




Tujuan
Melengkapi laporan praktikum Pemrograman Berorientasi Objek modul 2.
Landasan Teori
Modul praktikum Pemrograman Berorientasi Objek.
Alat dan Bahan
1 Unit PC
OS windows
Netbeans
Modul praktikum PBO
Langkah – Langkah Pratikum
Percobaan Pertama

Mahasiswa.java
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

package modul2;

/**
 *
 * @author Irwans
 */
public class Mahasiswa {
    //variable instan
    String nama;
   
    //methode
    void isiNama (String nama){
        this.nama=nama;
    }
    //method
    String tampilkanNama(){
        return this.nama;
    }
}

PenentuAkses.java
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

package modul2;

/**
 *
 * @author Irwans
 */
public class PenentuAkses {
    public static void main (String []args){
        Mahasiswa saya = new Mahasiswa();
        //mengisi variable instan
        saya.isiNama ("Irwan Adi Prianto");
        //menampilkan nama melalui variable
        System.out.println(saya.nama);
        //menampilkan nama melalui pemanggilanmethode
        System.out.println(saya.tampilkanNama());
    }
}

Hasil Percobaan ditas seperti gambar dibawah ini:


Program diatas sukses atau dengan kata lain tidak terdapat eror, karena hak aksesnya public.
Tugas Latihan Percobaan 1
Ubahlah penentu akses dari variable nama menjadi akses private, caranya dengan menambah kata kunci private seperti berikut:
Private String nama;
Contoh skripnya yang sudah dibuat private:
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

package modul2;

/**
 *
 * @author Irwans
 */
public class Mahasiswa {
    //variable instan
    private String nama;
   
    //methode
    void isiNama (String nama){
        this.nama=nama;
    }
    //method
    String tampilkanNama(){
        return this.nama;
    }
}

Hasil setelah di rubah menjadi Private seperti gambar dibawah ini:


Hasil Yang didapat tidak bisa ditampilkan, karena pada penentu akes dari variable nama tersebut Private. Oleh karena adanya hak akses maka program tidak bisa memanggil atau menampilkan data pada class pertama(“Mahasiswa.java”).

Percobaan kedua

Lingkaran.java
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package modul2.percobaan2;

/**
 *
 * @author Irwans
 */
public class Lingkaran {
    private double radius;   
    //methode
    void isiJariJari(double radius){
        this.radius = radius;
    }
   
    private double ambilPhi(){
        return 3.14;
    }
    public double hitungKeliling(){
        return 2*ambilPhi()*radius;
    }
}

PenentuAksesMethod.java
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package modul2.percobaan2;

/**
 *
 * @author Irwans
 */
public class PenentuAksesMethod {
    public static void main (String[]args){
       
    Lingkaran bulatan = new Lingkaran();
   
    //mengisi jari-jari lingkaran
    bulatan.isiJariJari(10);
   
    //menampilkan keliling lingkaran
    System.out.println("Keliling="+bulatan.hitungKeliling());
   
    //menampilkan nilai Phi
    System.out.println("nilai Phi = "+bulatan.ambilPhi);
    }
}

Hasil percobaan kedua seperti gambar dibawah ini:




Hasil tidak tampil semua karena pada kelas pertama terdapat hak akses yang private yang artinya tidak bisa dilihat pada kelas lainnya.


Tugas Latihan Percobaan 2
Ubahlah penentu akses dari method ambilPhi( ) menjadi akses public, caranya dengan menambahkan kata kunci public seperti berikut
Public double ambilPhi();
Skrip yang sudah dirubah public seperti dibawah ini:
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package modul2.percobaan2;

/**
 *
 * @author Irwans
 */
public class Lingkaran {
    private double radius;
    String ambilPhi;

    //methode
    void isiJariJari(double radius){
        this.radius = radius;
    }
   
    public double ambilPhi(){
        return 3.14;
    }
    public double hitungKeliling(){
        return 2*ambilPhi()*radius;
    }
}
Hasilnya seperti gambar dibawah ini setelah dijalankan:



Pada program tersebut sukses dan dapat menampilkan data, karena hak akses pada kelas pertama dibuat publick yang artinya hak akses dapat dilihat pada kelas kedua.

0 komentar:

Posting Komentar